Cari Blog Ini

Rabu, 26 Oktober 2016

Asal Usul Masyarakat Nias

Asal Usul Masyarakat Nias



Y A ' A H O W U



Di Pulau Nias terletak sebuah wilayah kecamatan GOMO, disana memiliki tiga buah objek wisata yang terdiri dari objek wisata Alam (air terjun) dikenal namanya Hela'owo, Batu megalit peninggalan nenek moyang terletak di Tundumbaho, dan mbòròwòsi di Sifalagò Gomo. Sejarah penyebaran masyarakat/marga pulau Nias di awalin dari Mbòròwòsi yang terletak di Sifalagò Gomo.



Objek wisata di kecamatan Gomo sekarang ini seakan pudar dengan kemajuan Global dan pembagian wilayah daerah kepulauan Nias sekarang ini dibandingkan pada tahun 2000-an jauh berbeda, dulu yg hanya satu ibu kota Pulau Nias Yaitu Gungungsitoli. Di pulau Nias sekarang ini telah memiliki empat kabupaten dan satu kota yakni Kab. Nias, Kab. Nias Selatan, Kab. Nias Utara, Kab. Nias Barat dan Kota Gunungsitoli. Masyarakat menyambut baik dengan pembagian wilayah Pulau Nias yang di harapkan memberikan sebuah kemajuan seiring dengan perkembangan global, tetapi celakanya sekarang peninggalan nenek moyang di daerah tertentu seakan mulai pudar disebabkan karena letak wilayah maju yang lebih di urus oleh pemerintah.



Salah satu kita ambil contoh dengan pembagian wilayah di pulau Nias yang khusus daerah Gomo yg mana ceritanya awal keberdaan Marga/Masyarakat Pulau Nias dari sana tidak terdengar lagi, bahkan sekarang banyak isu dengan penelitian baru yg di lakukan beberapa peneliti yang mempunyai Sumberdaya manusia yang maju mengalihkan cerita awal dan menyarankan di daerah2 perkotaan yg mudah dijangkau oleh kendaraan. Sekarang semua objek wisata di daerah tersebut tidak dapat di manfaatkan lagi karena tidak ada pelestarian dari dinas pariwisata tidak ada pergerakan pada hal di masing2 daerah pasti mempunyai dinas pariwisata yg memiliki program2 pariwisata.



Oleh sebab itu, semoga kedepan yang kita harapkan dapat pulih kembali dari cerita awal asal usul Masyarakat Nias oleh generasi terbaru yang dapat memberikan pandangan yang lebih bagus demi melestarikan budaya Nias dan tidak memihak pada daerah tertentu yg membuat karangan cerita terbaru.

Ya'ahowu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar